Archive for June, 2014

Pengumuman Remidi Bahasa Inggris I dan Bahasa Inggris II

Dibertitahukan kepada seluruh mahasiswa yang belum LULUS Mata Kuliah Bahasa Inggris I dan Bahasa Inggris II, bahwa pada semester ini Pusat Pengembangan Bahasa Inggris (PPBI) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang membuka pendaftaran Kelas Remidi untuk Mata Kuliah Bahasa Inggris I dan Bahasa Inggris II. Adapun ketentuan pendaftaran Kelas Remidi dapat dilihat di sini

sumber: Saintek

BANJIR PENELITI DI JURUSAN KIMIA UIN MALIKI

BANJIR PENELITI DI JURUSAN KIMIA UIN MALIKI

             Dalam membangun suatu bangsa yang maju, banyak aspek yang harus dikembangkan oleh seluruh kelompok masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah pengembangan budaya penelitian. Dengan membudayakan penelitian di lingkungan pendidikan, kemajuan bangsa ini tidak akan terelakkan. Penelitian-penelitian akan menghasilkan inovasi-inovasi baru yang dapat memberikan sumbangsih luar biasa bagi suatu bangsa, seperti kedaulatan pangan, kesejahteraan masyarakat, dan kemajuan teknologi. Untuk merealisasikan hal tersebut, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Maliki Malang menyelenggarakan suatu ajang kompetisi penelitian untuk mahasiswa yang diikuti oleh masing-masing jurusan yang ada di Fakultas Saintek. Dari setiap jurusan, Fakultas Saintek memberikan kuota sebanyak 30 judul proposal penelitian, dengan dana dua juta per judul proposal.

Agenda tahunan Fakultas Saintek ini mendapatkan perhatian yang luar biasa dari mahasiswa. Rata-rata setiap jurusan mengirimkan 30 judul proposal penelitian, namun berbeda halnya dengan Jurusan Kimia. Mahasiswa Kimia menunjukkan antusiasmenya dengan jumlah yang fantastis, mencapai 116 judul proposal penelitian. Antusiasme yang tinggi ini bukan hal baru di lingkungan Jurusan Kimia, karena tahun sebelumnya Jurusan Kimia juga menjadi jurusan dengan mahasiswa pengirim proposal terbanyak daripada Jurusan lain. Melihat jumlah pendaftar yang membludak, pihak jurusan mengajukan penambahan kuota. Ide tersebut disambut baik oleh pihak fakultas. Bahkan, selain penambahan kuota yang semula 30 menjadi 70, ada penambahan dana sebesar 10 juta. Sehingga, sebagai konsekuensinya, dana penelitian yang awalnya 2 juta per judul penelitian, diturunkan menjadi 1 juta per judul penelitian untuk pemerataan.

Meski demikian, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para peneliti muda di Jurusan Kimia untuk tetap eksis memberikan sumbangsihnya  untuk negeri ini. Dengan semangat sebagai agent of knowledge dan agent of change, mahasiswa kimia dari tahun ke tahun selalu menjadi mahasiswa yang berpartisipasi aktif dalam melestarikan budaya penelitian demi tercapainya mahasiswa kimia yang Ulul Albab.