Visi, Misi dan Tujuan

Visi Jurusan kimia adalah

Menjadi Jurusan Kimia terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang kimia yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional dan menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi yang bernafaskan Islam serta menjadi penggerak kemajuan masyarakat.

Misi Jurusan Kimia:

  1. Mengantarkan mahasiswa memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta keahlian dalam bidang yang terkait dengan bidang studi kimia.
  2. Mengintegrasikan ilmu pengetahuanm teknologi dengan Islam yang terkait dengan ilmu-ilmu kimia dasar dan terapan.
  3. Memberikan pelayanan dan penghargaan kepada pengemban ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam yang terkait dengan ilmu-ilmu dasar dan terapan kimia.
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bernafaskan Islam yang terkait dengan ilmu-ilmu kimia dasar dan terapan dengan menitikberatkan untuk menunjang keperluan pembangunan melalui pendidikan dan penelitian.
  5. Menjunjung tinggi, mengamalkan dan memberikan keteladanan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa.

Tujuan Jurusan Kimia :

  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang kimia sebagai sumber daya manusia yang unggul dan kompetitif di tingkat nasional dan internasional, berdiri kokoh diatas empat pilar kekuatan yaitu kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta keahlian dalam bidang yang terkait dengan bidang studi kimia.
  2. Menjadi pusat pengembangan dan keunggulan dalam bidang kimia, yang dapat memberikan layanan pelatihan, konsultasi dan jasa untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  3. Menjadi contoh dan tauladan dalam melaksanakan integritas agama dan ilmu kimia yang diimplementasikan dalam kehidupan nyata dalam rangka pemberdayaan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia.