Laboratorium

Profile
Jurusan kimia UIN MALIKI MALANG berdiri sejak tahun 2003 yang lalu dan telah terakreditasi dengan Nilai B (BAN-PT. Nomor: 022/BAN-PT/Ak-XIV/S1/VIII/2011). Sejak tahun 2008 Jurusan Kimia telah BERSERTIFIKASI ISO 9001-2008.
Disamping itu, Jurusan kimia juga memadukan model pendidikan tinggi akademik modern dan kulturalisasi nilai islam melalui ma’had Al-aly berbasis kecakapan dwi bahasa (arab dan inggris).

Visi
Menjadi Jurusan Kimia terkemuka dalam peyelengaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada Masyarakat untuk menghasilkan lulusan dibidang kimia yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan professional, serta menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan Islam dan menjadi kekuatan penggerak masyarakat.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan akademik profesional untuk membentuk sarjana sains yang memiliki kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu dan kematangan profesional serta keahlian dalam bidang yang terkait dengan bidang kimia.
  2. Mempersiapkan dan meningkatkan kualitas SDM yang mumpuni dalam bidang sains dan teknologi khususnya kimia yang bernafaskan islam sehingga mampu berkarya secara profesional dan bermanfaat dalam masyarakat
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang bernafaskan islam yang terkait dengan ilmu-ilmu dasar dan terapan kimia untuk menunjang keperluan pembangunan di masa yang akan datang.
  4. Menjunjung tinggi, mengamalkan dan mengembangkan sikap responsif dan kecakapan dalam melakukan upaya pembaharuan dan pemberdayaan manusia Islam seutuhnya dalam rangka memberi keteladanan kehidupan bangsa Indonesia.

Laboratorium Jurusan Kimia terdiri dari:

  1. Laboratorium pendidikan : 8 Laboratorium
    > Lab KD
    > Lab Biokimia
    > Lab Kimia Fisik
    > Lab Organik
    > Lab Analitik
    > Lab Anorganik
    > Lab Komputasi
    > Lab
  2. Laboratorium Riset : 6 Laboratotium
    > Lab
    > Lab
    > Lab
    > Lab
    > Lab
    > Lab
  3. Gudang Bahan Kimia : 1

Alat-alat yang dimiliki Laboratorium Jurusan Kimia antara lain :
1. Spectrometer AA240
2. 
Spektophotometer UV-Visible Cary50 Conc
3. 
High performance liquid chromatograph (HPLC) Saturn2000 Varian.
4. Fourier Transform infra red (FTIR) FT 1000 Varian
5. Gas Chromatoghraph and Mass Spectroscopy (GC-MS).

Untuk Info lebih lengkap klik download