Yuk Kenali 10 Bahan Kimia pada Produk Skincare

Assalamualaikum Wr Wb

 

Hallo readers, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan dunia skincare, apalagi kaum wanita. Disini kita akan pembahas tentang kandungan kimia apa saja sih  yang ada pada skincare. Sebelum itu, Apasih itu skincare?? Hmmmm… Skincare atau perawatan kulit adalah serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, beberapa tahapan perawatan kulit mulai cuci muka hingga penggunaan tabir surya. Tidak Perlu basa-basi yuk kepoin apa aja sih kandungan dalam skincare kalian.

  1. NIACINAMIDE (C6H6N2O)

 

Bahan skincare yang satu ini emang lagi tren banget loh didunia perskincare-an. Niacinamide ini hampir ada disemua kandungan produk skincare, karena apa? ya karna manfaatnya dong yang emang super duper. Jadi, Niacinamide ini termasuk bentuk lain dari vitamin B3 dan nicotinic acid, dan emang vitamin ini banyak digunakan dalam dunia kecantikan. Sebagian besar niacinamide dijadikan bahan utama dalam produk serum. Manfaat niacinamide itu banyak banget loh, beberapa darinya yaitu:

  • Menyamarkan kerutan dan garis halus
  • Bagus banget buat menjaga hidrasi kulit, jadi produksi minyak alami dari wajah kita lebih terkontrol dan pastinya bisa banget ngebantu buat lahirnya anak anak jerawat
  • Menyamarkan noda hitam dan 5% kandungannya dapat mencerahkan kulit, cocok banget kan buat kalian yang masih berjuang ngilangin bekas jerawat dan pingin wajahnya ga terlihat kusam lagi.

Untuk penggunaannya niacinamide ini flexible banget loh, bisa kalian gunakan untuk morning skincare ataupun night skincare. Nah ini dia rekomendasi produk yang mengandung Niacinamide dan udah banyak banget pemakainya:

     
The Aubree Niacinamide Skinbooster The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% Serum Somethinc Niacinamide + Moisture Beet S

 

  1. SALICYLIC ACID (C7H6O3)

 

Ini kandungan skincare yang juga super mantap. Jadi salicylic acid itu termasuk dalam asam beta hidroksi atau yang kita kenal BHA. Sebelumnya udah tau belum apasih asam beta hidroksi itu? jadi BHA itu kandungan senyawa kimia yang berfungsi mengangkat sel kulit mati atau eksfoliasi, nah kalo kita rajin mengangkat sel kulit mati secara berkala maka akan menghasilkan kulit yang lebih cerah, tidak kusam dan sehat Readers!. Kembali lagi ke Salicylic acid, nah dia itu sering banget kita jumpai di produk skincare untuk kulit berjerawat, karena kandungan BHA dapat larut dalam minyak dan lemak sehinga bisa tetep menembus pori pori kulit kita meskipun ada kotoran seperti komedo atau jerawat secara maksimal. Selain itu Salicylic acid bisa digunakan untuk anti inflamasi dan anti bakteri, jadi aman banget kalo lagi jerawat meradang dan nakal menyerang kamu bisa banget ngandelin bahan ini, karena dia akan membantu banget untuk calming-in kulit kamu. karena salicylic acid masuk dalam golongan BHA, maka perhatikan konsentrasinya yaitu lebih baik berkisar 1-4% saja.

So ini dia rekomendasi produk yang mengandung Salicylic acid :

     
 

 Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Face Wash

 

Cosrx salicylic Acid Exfoliating Gentle Cleanser Benton Aloe BHA Skin Toner

 

  1. LACTIC ACID C3H6O3

 

Nah jadi lactic acid ini biasa kita kenal dengan asam laktat. Dia ini juga termasuk kandungan skincare dalam dunia eksfoliasi loh Sobat, jadi dia ini masuk kedalam golongan AHA (alpha-hydroxy acids). Eits sebelumnya ngomongin BHA sekarang ada lagi AHA tapi sama sama buat eksfoliasi, terus bedanya apa sih? Jadi penggunaan AHA atau BHA itu tergantung skintype kamu Sobat, AHA lebih larut dalam air jadi cocok banget buat kulit normal tapi lebih ke kering dan tentunya tetap menghidrasi kulitmu, sedangkan BHA lebih larut dalam minyak jadi lebih cocok untuk kulit berminyak atau kombinasi apalagi yang lagi punya banyak jerawat atau komedi dan pori-pori besar tapi kerennya BHA ini juga bisa menenangkan kulit kalian ketika kemerahan. Oke back to Lactic Acid, jadi kurang lebih manfaat dari Lactic Acid yaitu untuk melembabkan kulit, meningkatkan ketebalan kulit, memperbaiki kadar kolagen dan umumnya AHA terdapat diproduk anti-aging(anti penuaan). Untuk penggunaan kadar AHA lebih baik dalam konsentrasi 5-10% dan digunakan lebih optimal saat kulit benar benar kering dan pada malam hari, penggunaan pada malam hari diperuntukkan untuk menghindari iritasi dari paparan sinar matahari. Nah ini dia rekomendasi produk yang mengandung Lactic Acid:

   
The Aubree Brightening Serum Concentrate The Ordinary Lactic Acid 10% +HA

 

 

  1. RETINOL (C20H30O)

Bahan skincare ini lagi booming banget loh readers, mungkin salah satu skincare kalian juga mengandung bahan ini. Yap retinol!. Retinol merupakan salah satu turunan vitamin A. Kandungan retinol maupun retinoid emang membantu banget buat eksfoliasi kulit kamu dengan mempercepat proses pergantian sel kulit. Nah, dengan ini retinol bisa menyamarkan warna kulit kamu yang kurang merata. Selain itu, retinol juga mampu menebalkan kulit hingga meningkatkan produksi kolagen. Tau gak sihh!! Vitamin A atau retinol akan menstimulasi produksi kolagen pada kulit yang akan membantu menyamarkan atau mencegah timbulnya kerutan dan garis halus. Jadi, retinol ini bisa menjadi antiaging dan cocok banget buat kamu yang lagi ada masalah dengan penuaan dini loh. Namun, karena efek samping dari penggunaan retinol ini membuat kulit kering dan iritasi maka akan lebih baik jika penggunaanya 3 kali dalam seminggu di malam hari, jika pun readers ingin menggunakannya di siang hari jangan lupa untuk selalu pakai sunscreen yaa. Tapi tenang aja, dengan penggunaan yang tepat, skincare yang mengandung bahan retinol membantu kamu di rumah untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat loh.

Nah produk skincare apa aja sih yang mengandung si retinol ini ?

 

 

       
The Ordinary Granactive Retinoid 5% in Squalane  

For Skin’s Sake Retinol Overnight Cream

 

Avoskin Miraculous Retinol Ampoule  

Somethinc level 1 % retinol

 

 

 

  1. KAFEIN (C8H10N4O2)

 

Kafein adalah senyawa Alkaloid turunan xantine (basa purin) yang secara alami terdapat pada kopi dengan rumus C8H10N4O2. Kafein meniliki banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan manusia. Kandungan kafein sangat baik untuk kulit sehingga tak heran banyak produsen skincare menggaet bahan ini untuk produknya. Antioksidan dalam kafein dapat menghidrasi kulit dan memicu produksi kolagen sehingga kulit tampak lembut dan sehat. Selain itu, kafein dapat mengurangi garis halus dan kerutan untuk mencegah penuaan dini. Komponen antioksidan lain seperti polifenol dan hidrosinamid pada kafein juga dapat memperlambat kerusakan kulit.

Berikut ini beberapa skincare yang mengandung kafein untuk rekomendasi readers di rumah

 


AGST & SPTMBR Coffee & Choco Face Mask

Nox Skin Expresso Coffee Serum

The Ordinary Coffeine Solution 5% + EGCG

 

 

 

  1. HYALURONIC ACID ((C14H21NO11)n)

Hyaluronic acid ini udah umum banget di dunia perskincarean. Hyaluronic Acid (HA) adalah polimer glikosaminoglikan linier yang biasa ditemukan dalam matriks ekstraselular jaringan epitel, saraf, dan ikat vertebrata. Jadi, di dalam tubuh manusia sendiri telah memproduksi HA, akan tetapi seiring dengan bertambahnya usia produksinya juga semakin berkurang. Oleh karena itu, kita membutuhkan bantuan HA dari luar tubuh. Formula kosmetik dengan kandungan Hyaluronic Acid (HA) telah banyak digunakan sebagai material pelembab kulit Karena kandungan retensi kelembaban dan viskoelastisnya tinggi. Hyaluronic acid diperoleh dengan mengikat silang asam dengan asam alami atau senyawa kimia lainnya untuk membentuk gel yang memperbaiki kondisi kulit. Kabar baiknya, hyaluronic acid ini sesuai untuk semua jenis kulit sehingga sobatca dapat menggunaknnya sehari-hari.

Nah produk-produk berikut bisa menjadi rekomendasi  untuk skincare di rumah readers

 

     
The Ordinary Hyaluronic Acid 2% +B5  

 

Nature Republic Real Comforting Hyaluronic Acid Aqua Water Toner

 

COSRX Hyaluronic Acid Intensive Cream

 

  1. ALPHA ARBUTIN (C12H1607)

Alpha arbutin (4-hydroxyphenyl α-glucopyranoside) merupakan turunan alami dari hidrokuinon loh readers, Alpha arbutin berasal dari daun yang dikeringkan dari berbagai macam tanaman, dan yang paling banyak terdapat pada pir, cranberry, blueberry, bearberry.  Nah untuk manfaat Alpha Arbutin antara lain dapat mencerahkan wajah tanpa menyebabkan kulit ter-iritasi, mengurangi hiperpigmentasi dan flek hitam, memudarkan bekas jerawat, memberi perlindungan terhadap sinar matahari dan lembut di kulit loh readers. Selain itu produk dengan kandungan alpha arbutin sebaiknya dijauhkan dari sinar matahari langsung dan tempat panas karena dapat mengurangi efektivitas senyawa ini. Biasanya produk dengan kandungan ini digunakan 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari. Alpha arbutin dapat digunakan bersamaan dengan bahan alami lainnya, termasuk bahan yang dapat mencerahkan wajah, seperti asam kojic, vitamin C, dan niacinamide. Selain itu, alpha arbutin juga tergolong aman untuk digunakan bersamaan dengan retinol.

Nah produk-produk berikut bisa menjadi rekomendasi untuk para reders di rumah loh:

 

 

     
The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

 

Hada Labo Shirojyun Whitening Lotion

 

Hada Labo Perfect 3D Gel

 

 

  1. VITAMIN C (HC6H7O6)

 

Vitamin C (Ascorbic acid) merupakan salah satu kandungan skincare yang paling berkhasiat untuk mencerahkan dan menghilangkan flek-flek hitam pada kulit wajah karena kandungan oksidannya. “Vitamin C bisa jadi antioksidan yang paling paten untuk digunakan secara topikal pada kulit,” kata Dr. Joshua Zeichner, MD, sorang ahli dermatologis di New York, Amerika Serikat. Selain itu antioksidan juga mampu dalam menangkal radikal bebas, seperti sinar UV dan polusi. Vitamin C adalah antioksidan alami yang berinteraksi dengan ion tembaga di situs aktif tirosinase. Vitamin C bertindak sebagai agen pereduksi pada berbagai langkah oksidatif pembentukan melanin, sehingga menghambat melanogenesis.

Manfaat Serum Vitamin C antara lain merangsang produksi kolagen, mencerahkan kulit, melindungi kulit dari sinar UV, melembapkan dan mengatasi kulit kering dan mengurangi kerutan. Pastinya readers udah sering banget kan dengar skincare vitamin C, berikut merupakan rekomendasi untuk reader dirumah:


Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop

 

Wardah C-Defence Serum

 

Rohto Demacept RX Vitamin C Serrum 15%

 

 

  1. CENTELLA (CH3CHOHCH2OH)

 

Centella asiatica (Propylen glycol) dapat mengatasi sejumlah keluhan pada kulit, seperti kulit kering, berjerawat, atau luka. Di Indonesia, Centella asiatica dikenal dengan nama daun pegagan. Di dalam Centella asiatica, terkandung saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid.

Pegagan (Centella asiatica L.) mengandung senyawa flavanoid dan sponin yang dapat diaplikasikan sebagai tabir surya untuk mencegah radiasi sinar ultraviolet. Ekstrak herba pegagan dan minyak zaitun memiliki aktivitas tabir surya dengan nilai untuk masing-masing formula sebagai berikut F1 SPF 28, F2 SPF 29, F3 SPF 37. Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit antara lain menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan, mencegah dan mengurangi kerusakan kulit, mempercepat penyembuhan luka pada kulit, mencegah stretch marks dan mengurangi selulit, menangani masalah jerawat dan mengatasi tanda-tanda penuaan. Kadar ekstrak Centella asiatica sebesar 2,5% dan 5% adalah kadar yang baik dalam produk perawatan kulit. Untuk efek terbaik, gunakan produk Centella asiatica pada malam hari

 

So, berikut merupakan rekomendasi untuk para readers dirumah:

     
Dr. Jart + Cicapair Serum

 

Skin 1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule N’Pure Centella Asiatica Facial Wash

 

 

 

  1. GLYCOLIC ACID C2H4O3

 

Yang terakhir yaitu glycolic acid atau biasa dikenal juga dengan nama asam glikolat. Jadi dia ini juga masuk dalam kelompok Alpha Hidroxy Acid (AHA). Terus manfaatnya Glycolic acid sendiri itu apa? Jadi, dia manfaatnya untuk menyamarkan garis atau kerutan pada wajah, flek-flek hitam dan noda bekas jerawat, bisa juga untuk merangsang regenarasi sel-sel baru dan kolagen dan tentu menghasilkan kulit wajah yang halus dan lebih cerah dari sebelumya. Eits tapi kepikiran gak sih bedanya Glycolic acid sama Lactic Acid, kan sama sama kelompok AHA tuh kan? Glycolic acid lebih menghindrasidan melindungi kulit kering dari kerusakan akibat sinar UV, sedangkan Lactic acid lebih doperuntukkan untuk kulit kering yang sensitif. Jadi glycolic acid punya molekul yang terkecil, namun lactic memiliki molekul terhalus diantara kelompok AHA lainnya. Namun, karena ukuran molekulnya memang lebih besar daripada glycolic jadi penyerapannya pun tidak sebaik glycolic acid. So guys tetep ya sebelum menggunakan produk AHA perhatikan dulu konsentrasinya dan akan lebih baik digunakan pada malam hari saja. Nah ini dia rekomendasi produk mengandung Glycolic acid :

 

     
Drunk Elephant Glycolic Night Serum

 

COSRX AHA 7 Whitehead Powder Liquid

 

The Ordinary Glycolic Acid 7% Toning Solution

 

 

Jadi itu tadi 10 kandungan produk skincare yang populer saat ini readers. Tapi tetep ya sebelum menggunakan skincare perhatikan kandungannya terlebih dahulu dan pahami kulit kalian. Kita akan beri informasi singkat bahan bahan apa saja yang tidak bisa digunakan bersamaan karena dapat menimbulkan iritasi, kulit kering, kemerahan bahkan breakout (munculnya banyak jerawat), so ini dia guys :

 

  1. Vitamin C + AHA/BHA
  2. Vitamin C + Niacinamide
  3. Retinol + Vitamin C
  4. Retinol + AHA/BHA
  5. Glycolic Acid + Salicylic Acid

 

 

Daftar Pustaka

 

Adewale Ahmed, Idris, dkk. 2020. Natural Anti-Aging Skincare : Role and Potential. Biogeontorology. 21 : 293-310

Choi YK, Rho YK, Yoo KH, Lim YY, Li K, Kim BJ, et al. Effects of vitamin C vs. multivitamin on melanogenesis: Comparative study in vitro and in vivo. Int J Dermatol. 2010;49:218–26. [PubMed] [Google Scholar]

Dewi,  Desyntia.  2012.  Sehat  dengan  secangkir  Kopi.Surabaya : Stomata

 

Fauzia, Dina. 2017. Jurnal Kesehatan Melayu : Aspek Frmakologi Retinoid pada Kosmeseutikal. Fakultas Kedokteran Universitas Riau

Fatoni, A., 2015. Analisa Secara Kualitatif dan Kuantitatif Kadar Kafein Dalam Kopi Bubuk Lokal Yang Beredar Di Kota Palembang Menggunakan Spektrofotometer UV-Vis, Laporan Penelitian Mandiri,  Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Bhakti Pertiwi, Palembang

Hui Sze, Jun, dkk. 2016. Biotechnological Production of hyaluronic acid : mini review. Biotech. 6:67

Limantara, Johanna, dkk. 2019. Jurnal Intra : Penggunaan Ampas Kopi Sebagai Material Alternatif Pada Produk Interior. Universitas Kristen Petra. Vol 7 no 2

Marliati, Nolis, dan Dwiyati, Sri. 2013. Pengaruh Sumber AHA Berbahan Dasar Alami dan Persentasi Terhadap Hasil Kosmetik Lulur. Universitas Negeri Surabaya. Volume 2 nomor 2

Narayanan V. 2020. Holistic Skin Care and Selection of Skin Care Products in Acne. Arc Clin Exp Dermatol. 2(1)

Nasamsir. 2014. Jurnal Ilmiah : Respons Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroba Cacao L.) Terhadap Aplikasi Pupuk Organik Cair Pada Jenis Aksesi Buah Kakao yang Berbeda. Universitas Batangahari Jambi. Vol. 14 No. 3

Oktarina, Eva. 2017. Alga : Potensinya Pada Kosmetik dan Biomekanismenya. Majalah Teknologi Agro Industri (Tegi) Volume 9 no 2

Paxia Ichsan, Ferida, dkk. 2018. Jurnal Humanis, Fakultas Seni Budaya Unud : Colour Terms and Verbal Sign in Women Skin Care Product Online Advertisement. Udayana University. Vol 22 ISSN : 2302-920x

Pinsky, Mark A. Compotiiton and Methodes for Improved Skin Care. US

Purwaning Rahayu, Mutiara, dan Lutfiati, Dewi. 2020. Perbandingan Penggunaan EYE CREAM dan EYESHADOW BASE pada Hasil Tata Rias Mata. Universitas Negeri Surabaya. Volume 09 nomor 04

Zainuddin, Saifullah, Pamudji., “Formulasi Krim Kombinasi Herbapegagan (Cantella Asiatica L.) Dan Minyakzaitun Sebagai Tabir Surya Secara In Vitro”, CHMK Pharmaceutical Scientific Journal, Volume 2 Nomor 1, April 2019

Zhu W, Gao J. “The used of botanical extract as topical skin lightening agent for the  improvement of skin pigmentation disorder”

 

 

 

Related Posts

2 thoughts on “Yuk Kenali 10 Bahan Kimia pada Produk Skincare

  1. Bahan-bahan kimia yang tidak biasa di gunakan secara bersamaan
    1. Vitamin C + AHA/BHA
    2. Vitamin C + Niacinamide
    3. Retinol + Vitamin C
    4. Retinol + AHA/BHA
    5. Glycolic Acid + Salicylic Acid
    Tapi di nomor 7. ALPHA ARBUTIN kan masuk dalam golongan AHA kenapa di bilang bisa di gunakan bersamaan dengan bahan vitamin C, Niacinamide ,Retinol jadi yg betul y yg mana. Mohon penjelasan makasih banyak 🙏🙏🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *